3 Fakta ASI Dapat Cegah Diare

Posted on Posted in Info Laktasi

3 Fakta ASI Dapat Cegah Diare

Rumah ASI Bali – Sebagian besar ibu – ibu pasti kahwatir ketika mendapati anaknya diare dan bingung apa yang harus dilakukan untuk mencegah anak mengalami diare selain harus menjaga kebersihan bayinya, tentu saja degan memberikan Air Susu Ibu (ASI) sejak baru lahir.

Kenapa Air Susu Ibu (ASI) mampu mengurangi mordibitas diare ? pertama karena didalam ASI sudah ada yang namanya antibodi (sIgA yang merupakan protektif saluran cerna) terhdap bernagai jenis virus, antara lain rotavirus dan terbukti bahwa ASI menghambat pertumbuhan virus tersebut. Selain itu ASI juga memiliki aktivitas antitoksin terhadap enterotoksin yang dihasilkan oleh bakteri E.coli dan V. Cholerae.

Kedua, ASI mengandung nukleotida yang berperan untuk meningkatkan pertumbuhan dan kematangan usus, merangsang pertumbuhan bakteri baik yang ada di dalam usus, dan meningkatkan penyerapan besi serta daya tahan tubuh.

Ketiga, ASI mengandung zink untuk membantu proses metabolisme didalam tubuh (kekurangan mineral ini dapat menyebabkan diare kronis).

Serta makrofag pada ASI mampu mencegah infeksi saluran cerna melalui enzim yang diproduksi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *