Bantuan Minum

Posted on Posted in Belajar Laktasi, FAQ

Bantuan Minum

Rumah  ASI Bali - Hi Mom tahukah kalian bahwa pilihan bantuan  minum bagi bayi di awal kelahiran, idealnya ASI manusia. Bisa diberikan ASI ibu kandung, bisa juga dari ibu lainnya (donor asi) dan bila tidak dapat maka bisa dibantu formula bayi sesuai kondisi bayi.
Apapun bantuan minumnya, jangan sampai merasa TIDAK PERCAYA DIRI, apalagi sampai kehilangan semangat, merasa tidak berdaya, merasa tidak berguna buat bayi.
Pada kondisi saat ini, sangat sulit memperoleh hal-hal yang alami, karena gaya hidup kita sangat tidak alami. Udara kita tidak alami, air tidak alami, tumbuhan tercemar, ikan laut tercemar, unggas dan hewan kaki 4 diternakan dengan tidak  alami, kita jarang olah raga, hidup jauh dari alam, kurang TERTAWA, banyak kesedihan dan jarang bersyukur......banyak kondisi yang mengubah badan menjadi sulit memenuhi potensi alaminya.
Atas kondisi diatas, kita harus fokus ke keselamatan ibu dan bayi, dan tidak memaksakan diri terlalu keras.
Saya lebih sepakat berusaha semaksimal mungkin untuk menetek langsung.
Pemberian formula sebagai bantuan minum, bisa membantu bayi sementara, dan kalau digunakan jangka panjang akan merugikan kesehatan bayi di usia 40 tahun
Yang lebih penting lagi adalah jangan menggunakan DOT saat memberikan bantuan minum, karena DOT menghilangkan semua reflek menetek bayi, sehingga proses menetek menjadi sulit
Rumah ASI Bali
dr. Oka Dharmawan, IBCLC,MARS
Konsultan Laktasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *