Banyak ASI | Tips Sukses Menyusui | Menetek Dengan Efektif

Posted on Posted in Info Laktasi, Informasi Dasar, Menyusui

Banyak ASI Dengan Menetek Efektif

Ilustrasi menyusui. ©2017 breastfeedingcenterofpittsburgh.com

Rumah ASI Bali - Hi Mom adakah yang tau agar ibu menghasilkan cukup ASI atau banyak ASI, maka apa sih yang harus dilakukan??

yuk simak Tips Sukses Menyusui berikut ini 🙂 🙂 🙂

Jadi, agar ibu menghasilkan cukup ASI atau banyak ASI, maka bayi  harus sering MENETEK DENGAN EFEKTIF. kenapa begitu ?  Karena menetek yang efektif akan membuat pengosongan payudara berjalan dengan baik, sehingga rangsangan produksi atau pengisian kembali payudara pasca menetek berjalan dengan baik.

Untuk menetek dengan efektif, maka bayi perlu melakukan yang namanya MELEKAT DENGAN BAIK selama proses menyusu.

nah sekarang kita Pahami dulu proses perlekatan yang baik ya mom :

  1. Bayi menetek pada payudara, bukan pada puting. Bayi memasukan dan akan menarik jaringan payudara (areola mama) kedalam mulutnya dan puting payudara hanya merupakan sepertiga dari jaringan payudara yg masuk ke dalam mulut bayi. Bila bayi berhasil memasukan areola ke dalam mulutnya, maka lidah bayi akan maju melewati gusi bawah dan berada dibawah areola, selanjutnya lidah bayi akan mampu melakukan pemerahan di bagian areola tersebut, sehingga ASI mengalir dengan optimal dan ini  disebut MELEKAT DENGAN BAIK. Akibat melekat dgn baik, maka puting ibu tidak sakit, menyusui menjadi sangat nyaman. Bila bayi melekat dengan baik maka bayi mengeluarkan ASI dgn mudah dan ini disebut MENETEK YANG EFEKTIF.
  2. Saat menetek yg efektif terjadi, maka bayi akan memerah jaringan areola payudara dan menelan ASI secara berirama. Bayi akan menyusui sekitar 15 - 20 menit, kemudian memperoleh ASI awal (Foremilk) dan ASI akhir (Hindmilk). ASI akhir akan membuat bayi puas dan kenyang, kemudian bayi menyelesaikan sendiri proses menetek nya, dan melepaskan payudara ibu, selanjutnya bayi akan tidur 1 - 1,5 jam dan bangun untuk menetek kembali. Bayi akan menunjukan tanda cukup menetek apabila frekwensi BAK lebih 6x dalam sehari dan kenaikan BB melebihi kenaikan BB minimalnya.
  3. MENETEK TIDAK EFEKTIF terjadi bila PERLEKATAN TIDAK EFEKTIF , disebut tidak efektif apabila hanya puting saja yang masuk ke mulut bayi, bukan jaringan areola payudara, yg membuat kerusakan pada puting ibu, puting retak, puting pipih, puting seperti lipstik, puting lecet atau luka, dan puting berdarah. Bila bayi hanya mengambil puting saja, maka kantong kantong ASI yg berada dibawah areola tidak terjangkau oleh lidah bayi, akibatnya aliran ASI mengalir lambat dan membuat bayi tidak puas, seingga bayi sering menangis dan ingin sering menyusu dan bayi menetek lama setiap sesi menyusui. Walaupun bayi sering menetek atau menetek lama, namun bayi mungkin tidak mendapat cukup ASI sehingga BB naik sedikit/tetap/turun. Bila bayi hanya mengambil puting saja, maka bayi kemungkinan tidak mendapat cukup ASI yang membuat bayi frustasi dan akhirnya menolak menetek.

Jadi Mom, karena bayi sering menetek, maka payudara sering terangsang untuk memproduksi lebih banyak ASI, namun dikarenakan pengosongan tidak optimal akibatnya kedua payudara sering bengkak. Karena bayi sering menetek, alhasil refleks oksitosin berjalan baik sehingga memungkinkan bayi mendapatkan cukup ASI dalam beberapa minggu awal dengn cara menyusui lebih sering namun Ibu jadi merasa sangat lelah.

Adapun akibat dari pengosongan yang tidak optimal, payudara mungkin menghasilkan ASI sedikit. Selain itu, perlekatan yang tidak efektif dapat menyebabkan proses menetek tidak efektif dan akhirnya bayi tidak memperoleh ASI dengan optimal. Perlekatan yang tidak efektif, akan membuat SEOLAH OLAH ibu memproduksi sedikit ASI, bila kondisi ini berlanjut maka pada akhirnya payudara menghasilkan ASI sedikit dan mengakibatkan BB bayi yg kurang atau kegagalan menyusui.

PERLEKATAN TIDAK EFEKTIF DISEBEBKAN OLEH BEBERAPA KONDISI SEPERTI:

Tongue Tie, Penggunaan DOT, Belum berpengalaman menyusui, Payudara bengkak yang sulit disusui bayi, Bayi kecil atau lemah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *