Bayi Kolik ?

Posted on Posted in Belajar Laktasi, FAQ

Bayi Kolik ?

Bayi colic, umumnya karena gas. Kalau gas keluar bayi akan nyaman.
Ada beberapa posisi dapat membantu bayi untuk mengeluarkan gas : tidur tengkurap, tidur tengkurap di dada ibu, posisi bayi duduk di pangkuan ibu dengan tangan ibu menekan perutnya, pijat i love u
Pada bayi yang masih menetek, colic dapat disebabkan oleh ibu yang minum teh, kopi dan coklat. Sebab lain adalah karena bayi mewarisi gen alergi dari ibu atau ayah (bayi atopi) sehingga perut sangat sensitive.
Ketidaknyamanan ini bisa dipicu oleh protein dari susu sapi, karena tubuh manusia Indonesia memang tidak memiliki kemampuan mencerna protein susu sapi, sehingga perutnya tidak nyaman. Wajar laktosa intolerance terhadap laktosa sapi, karena memang susu sapi tidak sesuai dengan gen manusia Indonesia.
Kalau curiga kolik nya karena protein susu sapi dan bayi masih menetek ke ibunya maka sebaiknya ibunya berhenti minum susu sapi agar asi terbebas dari protein susu sapi dan bayi tidak meminum susu berbahan susu sapi.
Kolik akan mereda setelah usia 3 bulan, menunggu sistem usus menjadi lebih sempurna.
Kolik sangat bisa muncul setelah usia bayi bertambah, hal ini terjadi kalau ibu dan ayah punya riwayat alergi, maka bayi mengalami atopi / berpotensi alergi. Reaksi alergi muncul setelah paparan berulang pemicu nya, tidak bisa muncul segera, sehingga reaksi munculnya alergi pastinya tidak diawal kelahiran tetapi setelah usia bayi bertambah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *