Informasi Dasar

Mengapa ASI dan Menyusui Penting?

Hai Moms..

Di sosial media sekarang banyak sekali pejuang ASI yang mulai bersuara dan mengkampanyekan ASI dan menyusui. Tapi, apa saja sih sebenarnya manfaat dan pentingnya ASI dan menyusui? Kita baca-baca di bawah ini yukk Moms..

 

Bagaimana ASI Diciptakan?

Wow, ternyata ASI bukan hanya sembarang air yang keluar dari payudara ibu loh Moms. Ternyata ada banyak kandungan dalam ASI dan ada proses juga di dalamnya. Hmm, kalau saya makan burger, apakah bayi saya akan merasakan burger melalui ASI saya? Kita simak penjelasan di bawah ini ya Moms..

Bagaimana ASI Diciptakan?

Wow, ternyata ASI bukan hanya sembarang air yang keluar dari payudara ibu loh Moms. Ternyata ada banyak kandungan dalam ASI dan ada proses juga di dalamnya. Hmm, kalau saya makan burger, apakah bayi saya akan merasakan burger melalui ASI saya? Kita simak penjelasan di bawah ini ya Moms..

Bagaimana Cara Kerja Payudara?

Kok bisa yaa Moms dari payudara kita keluar air yang mengandung banyak kebaikan untuk putra putri kita saat menyusui. Nah, coba baca penjelasan di bawah ini mengenai cara kerja payudara Moms 🙂

Ketika terjadi pembuahan maka muncul buah kehamilan. Buah kehamilan ini akan berkembang menjadi ari-ari atau plasenta dan janin. Plasenta akan menyampaikan berita ke seluruh tubuh ibu untuk mempersiapkan diri menerima bayi.

Apa yang terjadi pada payudara ibu saat hamil ?

  1. Payudara membesar dan kencang, Putting susu dan areola akan berwarna lebih gelap dari sebelum hamil, hal ini untuk memudahkan bayi mengenali sumber makanan, karena penglihatan bayi baru bisa melihat dua lingkaran gelap seperti areola, mata ibu, bau areola mirip dengan bau ketuban yang biasa diminum bayi saat dalam kandungan, sehingga dengan bekal bau ketuban dan penglihatan areola, bayi mampu meraih sumber makanannnya saat dilakukan Inisiasi Menyusu Dini.
  2. Muncul tonjolan kelenjar minyak Montgomery di areola yang bertugas membersihkan dan meminyaki area sekitar putting/areola sehingga tetap basah dan terhindar infeksi, maka hindari sabun pada area putting & areola saat mandi
  3. Muncul rangsangan dari hormone-hormon kehamilan untuk membuat pabrik ASI. Kelenjar susu bertambah banyak sehingga berat payudara bertambah sampai 0,75 kg, ibu merasa payudara membesar
  4. Sistem produksi ASI sudah siap sejak kehamilan Trimester 2 sehingga bila terjadi persalinan  prematur payudara ibu sudah siap memberi ASI untuk keselamatan bayi premature tersebut

Bagaimana ASI terbentuk dalam payudara Ibu Hamil ?

  • Saat mulai hamil, Plasenta mengeluarkan hormon Prolaktin yang merangsang produksi kolostrum / ASI awal yang disimpan di dalam payudara sejak akhir trimester 2.
  • Namun prolaktin ini belum bisa bekerja optimal karena masih dihambat oleh hormone progesterone (yang merawat kehamilan).
  • Setelah plasenta lahir, hormon progesteron berangsur-angsur menurun jumlahnya sehingga hormon prolakin bebas untuk bekerja merangsang produksi ASI. Kerja optimal hormon prolaktin ini terjadi 32 – 96 jam setelah lahir.
  • Maka adalah wajar bila ibu bersalin dalam 3 hari pertama menghasilkan ASI sedikit atau kolustrum saja karena memang demikian alaminya dari sistem tubuh ibu.
  • Jadi ASI dibuat di payudara dengan rangsangan hormon prolaktin yang dihasilkan oleh plasenta saat masih hamil dan dihasilkan oleh otak ibu setelah plasenta lahir.

Bagaimana caranya agar hormon prolaktin berlimpah sehingga produksi ASI banyak ?

  1. Hisapan bayi pada areola akan memberikan rangsangan kepada otak ibu untuk menghasilkan prolaktin.
  2. Semakin sering dihisap oleh bayi maka produksi prolaktin akan berlimpah dan ASI akan bertambah banyak berlimpah
  3. Pemberian dot atau makanan selain ASI akan mengganggu kekuatan hisapan bayi dan mengurangi rangsangan ke otak sehingga mengurangi produksi prolaktin yang berakibat produksi ASI menurun dan akhirnya berhenti. (GAGAL MENYUSUI)
  4. Jadi kiat agar produksi ASI berlimpah adalah menyusui sesering mungkin, semau bayi

Bagaimana ASI yang sudah diproduksi dapat mengalir lancar ? 

  1. Hisapan bayi pada areola akan memberikan rangsangan kepada otak untuk mengeluarkan hormone oksitosin yang bertugas memerah ASI yang tersimpan di pabrik ASI.
  2. Hormone ini akan sangat aktif dengan ibu melihat bayi, menyentuh bayi, mendengar suara bayi dan bayi berada dalam kontak kulit ke kulit ibu.
  3. Hal ini-lah yang menjadikan Inisiasi Menyusu Dini dan Rawat Gabung  mutlak dilakukan untuk merangsang oksitosin keluar sehingga kolustrum yang tersimpan di payudara sejak kehamilan trimester 2 dapat keluar dengan mudah di 3 hari pertama kehidupan bayi.
  4. Hormon aksitosin akan dihambat oleh rasa nyeri, cemas, kawatir, ragu-ragu dan rasa tidak percaya diri.
  5. Jadi kunci agar ASI segera keluar adalah Inisiasi Menyusu Dini, Rawat Gabung dan memberikan bayi payudara semau bayi

Apakah payudara dapat memproduksi ASI diluar rangsangan otak atau tanpa hisapan bayi ?

  1. Pada suatu ketika ada sistem hormon lokal yang mengontrol dan mempertahankan produksi ASI.
  2. Sehingga masing-masing payudara dapat membuat susu secara independen meskipun keduanya mendapat rangsangan hormon yang sama.
  3. KONTROL HORMON LOKAL dipengaruhi oleh Derajat kepenuhan payudara,Nafsu minum bayi, Kapasitas penyimpanan payudara,Faktor Penghambat Internal.
  4. Maka sangatlah penting berlatih memerah ASI sejak awal untuk mencegah penuhnya payudara dan melatih produksi ASI secara lokal untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi ASI .

    KUNCI PENTING agar Payudara Aktif Menghasilkan ASI

  1. Inisiasi Menyusu Dini
  2. Rawat Gabung
  3. Posisi dan perlekatan yang tepat
  4. Jangan memberikan pengganti ASI dan
  5. Jangan menggunakan DOT
  6. Semakin sering disusui, semakin banyak ASI yang diproduksi
  7. Semakin sering dikosongkan (dengan pemerahan) semakin mampu payudara memproduksi ASI secara lokal

Bagaimana 3 Hari Pertama Pasca Bersalin Agar Sukses Menyusui?

Untuk Moms yang sebentar lagi melahirkan, wahhh selamat yaa Moms. Pastinya sudah disiapkan donk kebutuhan untuk si kecil, baju-baju, handuk, diapers, dan printilan kecil-kecil lainnya, pasti seru banget ya Moms menyiapkannya. Nah, selain menyiapkan kebutuhan tersebut, sambil bersantai setelah packing tas rumah sakit, gimana kalau kita intip trik sukses menyusui 3 hari pasca bersalin nih Moms..

ASI Eksklusif 6 Bulan

Banyak ibu muda di media sosial posting mengenai ASIX atau ASI Eksklusif. Apa sih itu? Saya juga mau donk.. Nah, kita baca-baca di bawah ini yuk Moms..

Makanan Pendamping ASI (MPASI)

Bayi saya sudah membuka mulut seperti ingin ikut makan nih Dok. Kapan yaa saya boleh memberi si kecil makanan pendamping ASI? Eitss, sabar dulu Moms.. Mari simak dulu penjelasan di bawah ini supaya tidak ada kekeliruan dalam pemberian MPASI ya Moms 🙂

Memantau Tumbuh Kembang Anak

Normal ga sih pertumbuhan dan perkembangan anak saya? Kok anaknya si itu montok ya, anak si itu udah bisa begini dan begitu? Hehehe jangan khawatir ya Mom, karena setiap anak itu pasti berbeda pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk menghilangkan kecemasan dihati, ada baiknya Mommy and Daddy memantau pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati setiap bulannya. Gimana nih caranya? Yuk kita bahas sedikit tentang apa saja sih yang perlu Mommy dan Daddy pantau.

Untuk mengetahui normal atau tidaknya pertumbuhan dan perkembangan buah hati, Mommy and Daddy sebaiknya melakukan pemantauan tumbuh kembang semenjak anak lahir sampai anak berusia 5 tahun. Pemantauannya dilakukan ditanggal yang sama dengan perkiraan selisih 2 hari dari tanggal lahir anak ya Mom, Dad. Sama seperti program pemerintah yang menggalakan Posyandu yang dilakukan teratur setiap bulan ditanggal yang sama atau hari yang sama, yang menunjukan jarak 1 bulan.

Apa saja sih yang harus dipantau sama Mommy and Daddy?

Yang harus dipantau oleh Mommy and Daddy adalah pertumbuhan dan perkembangan anak dengan point-point seperti dibawah:

Pertumbuhan anak, dinilai dari pertumbuhan jumlah sel yang dapat dilihat melalui:

  • Pertambahan berat badan (BB)
  • Tinggi badan (TB)
  • Lingkar kepala
  • Lingkar dada
  • Lingkar lengan

Sedangkan dalam aspek perkembangan anak, yang dinilai secara sederhana adalah:

  • Motorik kasar
  • Motorik halus
  • Bahasa
  • Sosial

Pemantauan pertumbuhan dapat dihitung dengan melihat aspek penghitungan melalui:

  • BB dibanding umur
  • TB dibanding umur
  • BB dibanding TB

Penghitungan pemantauan pertumbuhan ini bisa Mommy liat pada Kartu Menuju Sehat (KMS) yang dapat diminta di Puskesmas terdekat dan juga penentuan status gizi dengan SK Antropometri.

Pada KMS, pemantauan pertumbuhan dihitung dari BB dibanding umur. Disana, Mommy and Daddy anak melihat beberapa pita yang berbeda warna untuk menunjukan standard kenaikan berat badan minimal anak setiap bulannya, jadi memudahkan Mommy and Daddy biar engga bingung dengan target kenaikan berat badan sang buah hati. Umumnya sih kenaikan BB akan menikuti warna pita yang sama.

Ketika Mommy and Daddy melakukan pemantauan pertumbuhan berat badan anak, sebaiknya dilakukan dalam keadaan telanjang serta dengan menggunakan timbangan yang sama disetiap bulannya ya. Penghitungan ini bisa dilakukan Mommy and Daddy di rumah, dengan membeli timbangan anak di toko alat kesehatan.

Setelah melakukan penimbangan berat badan, jangan lupa langsung kasih tanda digrafik dan hubungkan dengan tanda dibulan sebelumnya ya. Tujuannya untuk memudahkan Mommy and Daddy melihat apakah BB anak mengalami kenaikan, penurunan atau tetap. BB anak dapat disebut naik apabila BB naik sesuai atau melebihi kenaikan minimal dan disebut tidak naik apabila BB naik kurang dari kenaikan BB minimal, grafik berpindah warna (berada dibawah warna sebelumnya), atau grafik tetap.

Sooooo Mommy and Daddy, jangan lupa dan jangn abaikan pemantauan terhadap sang buah hati ya. Agar Mommy and Daddy tahu apakah pertumbuhan dan perkembangannya normal atau tidak.

Semoga bermanfaat.

Kontrasepsi

Saat menyusui, tentunya Moms juga bertanya-tanya kan? Apa boleh menggunakan kontrasepsi? Apa saja sih kontrasepsi yang aman selama menyusui? Yukk, simak penjelasan di bawah ini Moms..