Bila Bayi Menetek Secara Efektif

Posted on Posted in Info Laktasi, Informasi Dasar, Menyusui

Bila Bayi Menetek Secara Efektif, Apakah Hasilnya?

Ilustrasi : (Shutterstock)

Rumah ASI Bali - Hallo Mom, kali ini Rumah ASI Bali (RAB) akan membahas Apasih hasil yang didapat bila bayi menetekĀ  secara efektif ? apakah kalian tau apa hasilnya ? bila ada yang menaawab hasilnya adalah berat badan (BB) bayi akan naik setiap bulannya kalian tepat sekali. šŸ˜€

Jadi Mom, bila bayi menetek EFEKTIF, maka bayi memperoleh minum dan makan sekaligus. sehingga bayi akan menunjukan tandaĀ  cukup minum yaitu : BB naik setiap bulan melampaui kenaikan berat badan minimal (KBM) dan bayi akan BAK lebih dari 6x sehari.

Adapun kenaikan BB minimal bayi setiap bulannya sebagai berikut :

  1. Kenaikan bulan pertama minimal 800 gram
  2. Kenaikan bulan kedua minimal 900 gram
  3. Kenaikan bulan ketiga minimal 800 gram
  4. Kenaikan bulan keempat minimal 600 gram
  5. Kenaikan bulan kelima minimal 500 gram
  6. Kenaikan bukan keenam minimal 400 gram

Kenaikan berat badan minimal ini dapat dilihat di Kartu Menuju Sehat yang ada dibuku KIA, yang dibagikan gratis dipuskesman untuk setiap ibu hamil. Misal pada kasus bayi dengan BB lahir 2.500 gram maka kenaikan BB ideal sesuai umurnya yaitu :

  • Idealnya BB minimal Usia sebulan 3.300 gram
  • Idealnya BB minimal Usia dua bulanĀ  4.200 gram
  • Idealnya BB minimal Usia tiga bulan 5.000 gram
  • Idealnya BB minimal Usia 4 bulan 5.600 gram
  • Dan seterusnya

Bila hal tersebut tidak tercapai, dan bayi full asi dengan menetek langsung atau minum ASI perah dengan dot, maka waspada dengan adanya tongue tie atau bisa jadi bayi ada mewarisi riwayat alergi dari ayah dan atau ibunya. Jadi, ASI manusia sesungguhnya sangat mencukupi dan tidak perlu bantuan susu mamalia lain.

Kalau tidak mencukupi, maka perlu evaluasi mendalam, dan FORMULA BUKAN SOLUSI untuk memperbaiki BB Bayi. Ada cara lain dibandingkan dengan cepat memikirkan formula yang berdampak pada kesehatan jangka panjang bayi setelah usia 40 tahun. Setelah memantau BB, lanjutkan memantau kenaikan tinggi badan (TB)Ā dan Lingkar Kepala, gunakan tabel pemantauan di Buku KIA, bila terjadi keterlambatan segera diskusi dengan petugas kesehatan yg memiliki wawasan luas tentang kesehatan yg lebih alami.

Rumah ASI Bali,

dr.Oka Dharmawan,IBCLC

Dokter Konsultan Laktasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *