Cerita MengASIhi : Gede Dylan Handaru Azgardya

Posted on Posted in Testimoni

Selamat siang Dokter Oka.

Tanggal 13 Januari 2018 anak saya Gede Dylan Handaru Azgardya genap berusia 24 bulan. Berarti sudah genap 2 tahun juga saya full meng-ASI-hi dikurangi minggu ke1 sejak kelahiran yang full sufor dan minggu k2 yang mix sufor +ASI. Sejak awal kelahiran Dylan, ASI saya keluar sangat sedikit dan kalau diberikan ke bayi rasanya sangat sakit sampai PD saya luka2. Kemudian anak saya harus menginap di NICU selama 3 hari karena jeundice dan didiagnosa mengalami kelainan jantung bawaan yaitu adanya kebocoran pada jantungnya. Semua membuat saya frustasi.

Saya sangat bersyukur Tuhan memberikan jalan untuk mempertemukan saya dengan Dokter Oka sehingga saya bisa memulai proses laktasi dan memperbaiki perlekatan. Dylan juga akhirnya didiagnosa tongue tie sehingga saya memutuskan untuk frenotomi.

Akhirnya hanya dalam waktu 2 minggu setelah melahirkan saya bisa full meng-ASI-hi Dylan dan akhirnya bisa menikmati dengan sangat proses tersebut.

3 bulan kemudian waktu check up ke dokter spesialis jantung anak, puji Tuhan kebocoran di jantung Dylan sudah menutup dengan sempurna. Saya yakin itu karena kontribusi ASI dan karena saya tidak pernah membiarkan pikiran negatif tentang kondisi Dylan lewat di otak saya.

Untuk itu saya sangat berterimakasih kepada Dokter Oka atas bimbingannya, atas ilmunya soal per’tetek’an, juga bimbingannya saat saat ASI saya seret dalam kondisi saya harus bekerja. Saya juga berterimakasih sudah diajak join ke grup RAB karena disana saya selalu bisa mendapatkan ilmu baru dan support dari sesama pejuang ASI. Kopdar2nya juga selalu bermanfaat untuk saya dan suami.

Meskipun banyak tantangan dan perjuangan selama 2 tahun ini tapi akhirnya semua bisa terlewati.
Saya berdoa semoga Tuhan selalu memberikan kesehatan dan memberikan perlindungan serta selalu memberikan kemudahan atas semua usaha dokter Oka, Ibu Rani dan keluarga agar bisa terus membagi ilmu dan pengalamannya terutama pada keluarga keluarga baru seperti saya dulu yang sangat awam dalam soal ASI, MPASI, tumbuh kembang anak dan tetek bengeknya.

Saya berharap semua ibu dan orangtua bisa memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, dimulai dengan ASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *