KulWap – Manajemen Laktasi untuk Ibu Bekerja

Posted on Posted in Activities

Halo Moms and Dads,

Kali ini, Jumat 29 Desember 2017, Kuliah Whatsapp atau KulWap yang diadakan oleh Rumah ASI Bali mengusung tema mengenai Manajemen Laktasi untuk Ibu Bekerja. Pastinya ada saja para ibu yang bertanya-tanya atau belum mengetahui bagaimana caranya agar tetap bisa menyusui dan mengasihi walaupun sebagian waktu harus berpisah dengan buah hati karena kesibukan bekerja. Nah, mari kita simak materi dan pembahasannya di resume KulWap berikut ini.

Note : File dalam bentuk PDF bisa didownload di Materi KulWap – Manajemen Laktasi untuk Ibu Bekerja dan Rangkuman KulWap – Manajemen Laktasi untuk Ibu Bekerja.

 

MATERI

PENGETAHUAN DASAR UTK MENYUSUI SAMBIL BEKERJA

• Yakin atas Keajaiban ASI

• Penciptaan ASI

• Cara Kerja Payudara

• Melalui 3 hari pertama

• Pemantapan 1 bulan

• Persiapan sebelum bekerja.

Manfaat ASI bagi Bayi:

1. Komposisi berubah sesuai kebutuhan (kolustrum, ASI peralihan, ASI matur, ASI prematur, ASI awal, ASI akhir)

2. Mudah dicerna dan diserap (mengandung enzim pencernaan)

3. Mengandung zat antibodi (makrofag, limfosit, imunoglobulin, laktoferin, faktor bifidus)

4. Suhu terjaga

5. Tidak menyebabkan alergi (tidak mengandung βLaktoglobulin)

6. Mencegah maloklusi & kerusakan gigi

7. Mengoptimalkan perkembangan (motorik, kognitif, IQ)

8. Bonding

9. Basic trust

10. Menurunkan risiko penyakit kronis (DM, kardiovaskuler, keganasan, obesitas)

Proses lactation yang kedua

• Mulai dikeluarkan ASI yang banyak

• Terjadi sekitar 30 – 72 jam setelah lahirnya plasenta

• Mungkin tertunda karena faktor luar (persalinan SC, persalinan dengan komplikasi, perdarahan, dehidrasi, DM, sisa plasenta)

Lactogenesis ketiga

• Mempertahankan menyusui

• Mulai sekitar hari ke-8 menyusui

• Teoritis, Semakin sering ASI dikeluarkan (payudara dikosongkan), produksi ASI akan semakin banyak

!!! Penggunaan botol dan dot, ada kemungkinan 1 :

1. Menyebabkan bayi bingung puting

2. Menyebabkan suckling need telah terpenuhi meski kurang sempurna

3. Menyebabkan nursing bottle caries

4. Bila botol dan dot tidak food grade, berbahaya bagi kesehatan

5. Jalan masuknya kuman, mengurangi waktu menetek langsung pada ibu, merubah pola hisapan bayi

Hambatan Ibu Bekerja – Menyusui

• Ibu tidak tahu Bekerja & Menyusui : BISA !

• Jadwal tidak flexible dan kurangnya dukungan pemilik usaha dan rekan kerja

• Ibu tidak tahu ada Kebijakan : Internasional + Nasional  melindungi Ibu bekerja tetap menyusui.

Solusi

• Belajar Sendiri / Ikut Kelas Laktasi / Konseling

• Dibutuhkan pengasuh yang berkualitas dan peran ayah dalam pekerjaan rumah tangga

• Membutuhkan Komitmen yg “Luar Biasa” untuk menyusui sambil bekerja

Kunci PENTING

• Bayi Cepat Belajar menyesuaikan diri dengan jadwal ibunya, misalnya : tidur siang hari dan menyusu di malam hari

• Pengaturan jadwal menyusui – memerah dan kerjasama yang baik Ibu dengan pengasuh bayi.

• support group sangat membantu ibu berhasil sukses menyusui sambil bekerja dimana ibu dapat bertukar pikiran dan pengalaman dgn ibu lainnya.

Memerah dan menyimpan ASIP

• Ibu diberikan kesempatan memerah ASI di tempat khusus (setiap 2-3 jam)

• ASI di simpan di refrigerator dan diberi nama dan tanda urutan

• ASI perah dibawa pulang dg cooler bag/termos dengan es.

Metoda pemberian ASIP:

1. Dengan menggunakan sendok

2. Dengan menggunakan gelas

*)Sumber dari presentasi Kelas Laktasi dr. Oka Dharmawan

1) Sumber : — Ten steps to successful breastfeeding. Available from : http . www .unicef.org/ newsline/tenstps.htm, cited on 17th April, 2013 Moral A, Bolibar I, Seguranyes, Ustrell JM, Sebastia G, Rios J, et al. Mechanics of sucking : comparison between bottle feeding and breastfeeding. BMC Pediatrics 2010, 10 : 6

RANGKUMAN


Biodata Narasumber:

Kelahiran Mataram 40th yang lalu.

Ibu dari 2 anak, yg pertama usia 10th 7bulan dan 3tahun 8bulan.

Beliau adalah konselor laktasi dan praktisi laktasi, serta pijat laktasi.

Pengalaman laktasi:

bekerja sambil memerah asi sejak putri pertama usia 2.5 bulan, pengiriman asip melalui CPlane dan boat rute sumbawa townsite ke selaparang airport lombok.

TANYA JAWAB

Sesi I

1. @Ari Silviawati

Penanya :

Selamat malam bu Rani dan bu Mirah

Saya ibu anak 1 usia 2 bulan.

Bayi saya tidak mau minum asip beku.

Saya cium bau asip bekunya seperti sabun.

Ada solusinya ya bu? Karena saya bulan depan mulai masuk kerja.

Terima kasih sebelumnya

Narasumber :

Malam bu ari…maaf bu,apakah ibu sudah mencoba rasa asipnya ibu?apakah semua asip bekunya berbau spt itu? Persiapan buat bulan depan sudah dipersiapkan kah?seperti mulai memerah dan memperhitungkan berapa banyak nanti kebutuhan bayi ibu saat ditinggal kerja dan metoda pemberian asipnya.

Penanya: :
Rasanya agak kurang manis bu.

Saya kebetulan baru mulai stok asip jd baru dapat sedikit. Dan semuanya sama baunya agak seperti sabun.

Sekali pompa saya hanya dapat 40 cc, jd saya biasanya gabungkan 2/3 x perahan dalam 1 botol bka.

Untuk media pemberian asip dengan sendok bu.

Narasumber :

Asi memang gak semanis sufor ya bu.hehehehe…rada hambar tetapi ada manisnya.sejauh ini asipnya sudah baik.sebaiknya juga ibu mulai membuat jadwal perah saat ini,mengingat ibu bulan depan sudah bekerja.jadi jadwal yang ibu buat saat ini nanti bisa digunakan juga pada saat bekerja nanti.

Dengan membuat jadwal memerah asi,ibu akan melihat peningkatan produksi asip ibu nantinya..namanya powerpumping bu buat mengejar peningkatan produksi asip

Penanya:

Iya bu.. terima kasih.. saya memang baru rutin merah tiap 3 jam.

Tapi kalau bayi saya tdk mau asip beku bagaimana ya bu? Sedangkan daya tahan asip di kulkas bawah/chiller hanya sampai 5 hari

Narasumber:

Bu,enzim lipase pada asip ibu normal..mangkanya seperti berbau “sabun”.dilatih lagi bu selama 7hari oleh pengasuh yang akan menemani bayi ibu saat ibu bekerja nanti

Penanya:

Baik terima kasih bu 🙂

2. @Wiwik Andryani – Danamon

Penanya :

Selamat malam Bu rani dan ibu mirah. Saya ibu anak usia 4 bulan. Saya sudah masuk kerja selama 1 bulan. Dlu waktu masih cuti pumpingnya penuh tapi semenjak kerja turun drastis, knp ya bu ? Dan berat badan saya turun drastis sekali sampai pusing wkt pumping padahal makannya seperti biasa

Narasumber:

Malam bu wiwik, pumping penuh bagaimana ya bu?apakah ibu kelelahan saat ini?karena produksi asi bisa menurun apabila ibu dalam kondisi stress,kelelahan atau tidak menyusu langsung.berat badan turun drastis bagaimana ya bu? Kalau sampai pumping sampai pusing,kemungkinan besar ibu saat itu kelelahan sangat. Dan asupan gizi ibu sangat berpengaruh juga buat asip ibu.jadi makan bukan berarti berlebihan,tetapi ber*semangat* makan buat dua orang..heheheheh

Tanggapan :

Biasanya pada waktu cuti botol pumpingnya penuh. Tapi semenjak kerja maksimal 120ml masing2 PD. Berat badan saya turun hampir 7 kg. Bb sebelum hamil 47 kg namun skrg 40kg. Bu rani apabila asupan gizi kurang apa mempengaruhi kualitas asi ? Apabila kualitas asi menurun apa berpengaruh pada bb bayi ?

Jawaban :

Baik bu,saat cuti apakah diperah saat payudara penuh atau memang sudah memiliki jadwal?karena apabila memerah saat penuh seperti yang kita ketahui itu kurang baik,otak akan memberikan signal ke pabrik bahwa produksi dihentikan sementara.

Selain itu per PD 120cc itu bagus lo bu.heheheheh…pastinya ibu juga sudah punya jadwal perah 2-3jam sekali perah dong ya.

Kualitas asi dipengaruhi oleh asupan gizi ibu

Penanya:

Pada saat cuti rutin bu rani semenjak kerja jadwalnya jadi sdkt kacau😶

Trims ibu rani dan ibu mirah sudh cukup 🙏

3. @Dian Pondika

Penanya: :
Saya bru hamil pertama uk baru 22weeks. Yg sy mau tanya, adakah perawatan khusus payudara yg hrus dilakukan semasa hamil, supaya produksi ASI ketika sudah lahir lancar? Lalu produk pompa ASI yg recommended apa ya? Pertanyaan ke3: tempat penyimpanan ASI yg bagus itu apa?

Narasumber :

Malam bu dian, perawatan khusus payudara saat hamil sama dengan saat menyusui sama ibu…hehehehe..bisa dipijat laktasi atau hanya dibersihkan seperti biasa bu.tetapi apabila ingin produksi lancar,mesti bisa pijat laktasi. Atau paling gak ibu di massage di punggung bagian atas oleh suami..dibuat relax

Pompa asi yg recommended yaitu tangan ibu,karena penggunaan alat tidak sama dengan mulut bayi,malah kadang dapat membuat payudara trauma.dan itu cocok2an bu. Saya tidak bisa memberikan rekomendari merk pompa manual ataupun elektrik yg beredar saat ini.

Tempat penyimpanan asip bisa menggunakan botol kaca (bekas uc1tz), ataupun plastik yg bebas PPE

Penanya :

Baik, Bu Rani. Terima kasih jawabannya. Mohon maaf jika ada kekurangan saat sy menyampaikan pertanyaan. Sy belum berpengalaman soalnya. Sekali lagi terima kasih 😊

Narasumber:

Gak papa ibu..sama2 belajar jadi ibu dan payudara gak ada manual booknya…

Sesi II

1. @Aprilia ratna widuri

Penanya:
trims bu mirah atas kesempatannya ..slamat malam bu rani …mhn sharingnya ..

bu rani saat ini usia kehamilan sy 28w

apakah boleh melakukan pijat laktasi bu untuk merangsang kluarnya asi ?? kebetulan waktu kopdar di sby sy pernah belajar lgsg dg bu rani… . apakah tdk menyebabkan kontraksi ? trimakasi

Narasumber:
Malam bu aprilia, pijat laktasi gak masalah dilakukan kapan saja bu asalkan ibu tidak memiliki pengalaman gampang kontraksi atau ada anjuran dokter spog yg meminta ibu utk minum obat penguat rahum saat ini.

Penanya:

trims bu rani ..sy slama ini tdk ada riwayat gampang kontraksi bu .. jd sudah boleh d lakukan ya .. dg rajin melakukan pijat laktasi smasa hamil apakah menjadi salah satu faktor asi bs lgsg kluar setelah melahirkan bu
satu lgi bu untuk membersihkan puting payudara apakah ckup di lap lap pake kompres waslap hangat bu … ataukah perlu pakai sikat gigi?

Narasumber:

Iyup bener banget…pijat laktasi dilakukan oleh semua wanita sedari payudaranya sudah fixed tumbuhnya..heheheheh..karna berguna untuk pencegahan kanker payudara juga.

Hehehhehe masak pake sikat gigi bu..hahahahah…gak lah bu..normal2 saja dan jangan menyakiti payudara intinya

Penanya:

bu skali lagi maaf banyak pertinyiin

pijat laktasi itu pijat2 yg d punggung atau yg d payudara dan titik2 laktasi d puting dan aerola ??

Narasumber:

Pijat laktasi sebenarnya pijat secara keseluruhan tubuh,tetapi karna qta bicara payudara,maka focus di pijat payudara yg mesti dilakukan lebih intens ketimbang pijat di punggung dan bagian tubuh lainnya…hehehhehe…

Penanya:

baik bu rani sudah sangat jelas sekali .. trimakasiii bu atas kesempatannya …

Narasumber:

Pijat punggung pada ibu hamil gak boleh bagian bawah ya..tp bagian pundak boleh dong

2. @Rini Melati

Penanya:
Selamat malam bu mirah dan bu rani.. Sy full asi di anak kedua.. Saat ini usianya 13 bulan.. Sy ibu bekerja.. Anak sy titip.. Jadi selama sy bekerja anak tidak nenen.. Nenen pada saat sy ud pulang kerja dan di malam hari pd saat tidur yg sy tanyakan :

1. bgaimana cara menyapih anak agar tidak nenen disaat tidur bu?? Tujuan nya sendainya sy tinggal ke luar kota biar tenang meninggalkan anak dirumah khususnya pd malam hari..

2. Diumur anak berapa kita bisa mengurangi jdwal pumping? Mengingat pemberian asix sd 2 tahun?? Terima kasih

Narasumber:

Malam bu rini, buat pertanyaan pertama,saya malah mau balik bertanya,kenapa ibu mau menyapih diusia dini begini?heheheh…

Jadi begini menurut saya bu,mengingat tujuan pemberian asi dari baru lahir ,eksklusif plus sampai dua tahun atau lebih. Menyusu langsung sangatlah penting.apabila hendak dihentikan,sebenarnya gampang saja yaitu gak dikeluarkan atau diperah lagi ataupun gak di nenenin langsung lagi maka produksi akan menurun drasti dan akan terhenti

Penanya:

Tks bu rani..

Bukan menyapih full bu.. Tp hanya khusus pd saat tidur malam hari sj.. Bgimana cra mengurangin intensitas nenen nya?

Narasumber:

Hehehehe…akan datang waktunya bu buat dia pelan2 gak nenen pas malam.

Pada dasarnya asi tersebut dibuat berdasarkan permintaan si anak..heheheh..jadi kalo mau mengurangi jadwal nenen..pelan2 akan ada waktunya mereka kebobokan semaleman sampai skip nenennya..hehehehe…tapi buat qta rugi juga bu..karna pada malam hari justru produksi terbanyak looo

Penanya:

Berarti hrus sabar menunggu waktunya ya bu rani…hehe.. Krna sy kepikiran klo sy tinggal keluar kota bbrp hari.. Kmren2 smpt bisa nolak dr kantor.. Tp klo tahun ini berngkt lg sptnya tidak bisa menolak bu.. Hehe krna klo dirumah anak sy tdk mau minum asip.. Hrus nenen.. Krna dia sdh mengerti klo mama dirumah artinya hrus nenen..😄😄

Utk pertanyaan kedua sy.. Diusia anak brp kita bisa mengurangi jdwal pumping ya bu??

Narasumber:

Itulah bu,apabila masih bekerja dan berencana sampai tembus 2th,qta tetep mesti memerah asi,nanti akan berkurang sendiri produksinya bu.bukan berkurang jadwalnya ya..tp secara otomatis akan berkurang produksinya

3. @Meri Susana

Penanya:

Baik,

Selamat malam Bu Mirah dan Bu Rani …

Terimakasih atas kesempatannya..

🤩🤩🤩

Apakah kalau anak sudah 1thn dan akan ditinggal ibunya bekerja juga sama memakai metode ASIP (pumping/perah)? Karena si ibu mau memberikan ASI sampai 2 thn …

Atau ada cara lain kah?

Terimakasih

Narasumber:

Malaaaam bu meri..kalo mau ditinggal dirumah,jelas pasti dan mutlak pake asip…hehehehe..kecuali ibu mau bolak balik menyusu langsung atau bayinya dibawa ke kantor…mmm pasti ini keinginan semua ibu bekerja…

Penanya:

Ummmm begitu ya..

Berarti mulai mesti pumping gitu ya…

Baik akan dicoba… karena sampai sekarang saya tidak berhasil me~manage waktu pumping…🤦🏻‍♀😅…

Terimakasih ya Bu Rani dan Bu Mirah juga…

Sesi III

1. @Ninik Andriyanti

Penanya:

Selamat mlm Bu Rani dan Bu Mirah. Sy ibu dr 1anak usia 10m. Alhamdulilah sampai saat ini masih mengASIhi dan semoga bisa sampai 2th. Sy mengASIhi dg satu payudara sblh kanan saja, kadang berasa payudara sampe kempes tp diempot aja. Bisa2 perjam dia ngempotnya, kadang khawatir masih ada g ASI nya, cukup g ya sampai 2th. Nah yg ingin sy tanyakan, bgmn utk meningkatkan produksi ASI agar cukup sampai usia si kecil 2th? Agar ASI tetap melimpah Bu.

Narasumber:

Malam bu ninik, kereeeen si adek kuat menyusu ya…👍🏼

Tapi tenang bu ninik, boleh dicoba pencet payudara yang sudah di”habis”kan si kecil tadi…pasti masih ada…dan apabila ingin meningkatkan produksi asinya yaitu dengan cara dikeluarkan sesering mungkin.misalnya begini bu,apabila payudara kanan sedang di susui, payudara kiri di perah..jadi otak akan mengirimkan signal ayooo produksi lagi..dan jangan lupa ibu mesti makan dan minum plus santai kayak dipantai..

Penanya:

Arkan g mau nenen yg kiri krn g ada putingnya, tp klo dipencet masih keluar ASI, sy cobakan g mau gmn Bu? Apa dg pumping bisa meningkatkan produksi ASI jg?

Narasumber:

Ah si adek looo…eh iya qta menyusui tidak dengan puting..jadi bisa dicobakan kembali ke arkan pd tersebut.bisa dicoba bu pumping tapi mesti rutin 12x sehari

Penanya:

Klo pumping berasa mubadzir 😭 krn Arkan klo dtinggal kerja minum sediiiikt sekali dan tu hanya sekali. Maunya ngempot lgsg.

2. @Mommy Rasya

Penanya:

Trimakasih untuk kesempatannya

Saya ibu dari anak laki2 usia 20m

Saya full eping, anak saya bingput saat usia 6m 2w

Kesalahan sepenuhnya ada pada saya yg mengenalkan botol dot sejak dini (40hari) , karena dlu nya kurang sekali ilmu perasian

Dlu sekali pump per 2jam menghasilkan 160-300ml

Sejak anak usia 10 bulan menurun per 3 jam hasil perahan hanya 160-200

(stress karena asi di frezer harus terbuang)

Saat usia 15m hasil perahan per 4 jam cuma dapat 100ml

Dan sudah 1 bulan per 4 jam cuma 50ml jadi sekarang di mix dengan uht

Yg mau saya tanyakan,

Apa masih masih ada cara mengembalikan hasil perahan supaya meningkat pagi?

Narasumber:

Malam bu rasya,

Selalu masih ada jalan buat relaktasi,tapi kalau boleh saya sarankan,putra ibu sudah 20bulan dan pastinya sudah makan seperti makanan keluarga ibu kan..jadi makannya saja yg dipersering bu.kalo buat ibu,mau gak mau cari anak susu,karna produksi akan berlimpah apabila ada isapan bayi,bukan dari sedotan alat perah.

Penanya:

Alhamdulillah untuk makan dia lahap, menu keluarga n double prohe juga, cemilan juga oke tapi tetep malam dia slalu minta susu…

Jadi jika saya mix dengan uht tidak ada masalah ya…

Iya saya telat sekali tau relaktasi n dmn relaktasi saat usia 13m 😭😭

Narasumber:

Hebat putranya bu…kalo menurut saya faktor kebiasaan saja ttg malam minta susu,bu.mungkin ibu bisa ganti dengan jus buah atau air putih selama 7hari berturut2…pasti akan berubah kebiasaannya tersebut bu.

3. @Prama karisma

Penanya:

Selamat malam semuanya

Usia anak saya saat ini 3 bulan,

Apakah power pumping harus di jam yang sama? Kalo ada waktu mohon saran penggunaan cup feeder, sudah sering saya coba tapi bayinya masih kesulitan.

Narasumber:

Power pumping dikerjakan dari jam 10 malam sampai jam 5 pagi…

Apakah bayi ibu sudah dilatih 72x selama 3 hari menggunaka cup feeder?siapa yang memberikan asip tersebut?

Penanya:

1. Diantara jam itu berarti tidak harus pada jam yang sama ya bu? Baik, terima kasih.

2. Belum 72 x selama total 3 hari berturut-turut. Diberikan bukan oleh saya, saya juga hindari untuk berada di dekat bayi saat itu. Baik akan saya coba tingkatkan frekuensi melatihnya. Terima kasih banyak bu

Narasumber:

Kalau mau diambil tiap 2jam diantara jam tersebut bu.misal jam 10,berikutnya jam 12,dan seterusnya sampai jam 4 pagi brarti

Penanya:

Baik bu, terimakasih

Sesi IV

1. @Meisya Watruty

Penanya:

baik terimakasih sebelumnya, usia anak saya sekarang 4 bulan.

dan setelah masa nifas selesai saja juga langsung datang bulan. dan datang bulannya selama 3 bulan belakangan ini selalu tepat waktu. dan anak saya juga direct breastfeeding, pernah pake dot cuma habis itu dia tidak mau lagi.

yang saya ingin tanyakan,

1. kenapa waktu saya datang bulan produksi asi saya agak sedikit berkurang tapi setelah itu dia banyak lagi..

2. bulan ini saya belum datang bulan, yang saya khawatirkan kalo saya ternyata hamil lagi. apa benar kalo hamil dan sedang menyusui, proses menyusuinya harus distop. tapi yang saya baca ada yang membolehkan memberikan asi saat sedang hamil.

Narasumber:

Malam bu meisya, uwaaah ibu sudah subur ya…ehheehhee…mesti pake pengaman nih bu kalo memang ingin sukses menyusu 2tahun..heheheh…

Iya bu,memang pada saat datang bulan kita produksi asi menurun,produksi asi dipengaruhi hormon dari otak. Sedangkan pada saat qta haid,tubuh mencari keseimbangan,yg mana mempengaruhi seluruh sistem tubuh qta.

Penanya:

iya bu rencana saya setelah dateng bulan desember ini saya mau pake pengaman cuma sekarang belum dateng dateng 😪

Narasumber:

Apabila ibu ternyata positif hamil,maka silakan lanjutkan menyusui saat hamil alias tandem nursing.

Penanya:

baik bu saya puas dengan jawabannya 🙏🏻

trimakasih banyak bu rani 🙏🏻

2. @Wastuwidyarini

Penanya:

Selamat malam buRani,

Saya wastu . Bayi usia 4 bulan. Saya kebetulan tidak bekerja, alhamdulillah masih bisa dan rutin pumping . Jika yang meminum asi perahan adalah sikakak, usia 4,5 tahun, apakah tidak apa2 Bu ?!, apakah ada pengaruh ke psikologis anak ?! 😊🙏

Terimakasih

Narasumber:

Malam bu wastu, gak papa bu buat si kakak..ini pengalaman pribadi saya…bonding yang kuat..walopun kandungannya gak bisa memenuhi kebutuhan gizi si kakak ya bu.

Penanya:

Wah iya ya BuRani, alhamdulillah. Terimakasih atas jawabannya Bu

Sesi Bonus

1. @vivi sugiarti

Penanya:

Makasih,

Bu rani maaf klo ga nyambung, yg saya mau tanya, klo sering ditinggal baby jadi biasa di gendong org lain. Dan sepertinya bosan jika terlalu lama dengan ibunya. Itu bagaimana ya meningkatkan bonding? Padahal klo dirumah sudah nenen langsung di pd

Narasumber:

Malam bu vivi,silakan dicoba skin to skin contact bu,minimal 1jam diatas dada ibu.

Skin to skin contact buat meningkatkan bonding dan meningkatkan kecerdasan anak juga ternyata..dannn saya lupa sumbernya..ehhehehehehe

Ringkasan dan kesimpulan:

  • ASI memang tidak semanis sufor, agak hambar tetapi ada manisnya. Sebaiknya juga ibu mulai membuat jadwal perah saat masih belum mulai bekerja. Jadwal yang ibu buat saat sebelum bekerja, bisa digunakan juga pada saat bekerja nanti.
  • Dengan membuat jadwal memerah ASI, ibu akan melihat peningkatan produksi ASIP ibu nantinya, namanya powerpumping untuk mengejar peningkatan produksi ASIP.
  • Produksi ASI bisa menurun apabila ibu dalam kondisi stress, kelelahan atau tidak menyusu langsung.
  • Kalau sampai pumping sampai pusing, kemungkinan besar ibu saat itu kelelahan sangat. Dan asupan gizi ibu sangat berpengaruh juga buat ASIP ibu.
  • Apabila memerah saat penuh seperti yang kita ketahui itu kurang baik, otak akan memberikan signal ke pabrik bahwa produksi dihentikan sementara.
  • Kualitas ASI dipengaruhi oleh asupan gizi ibu.
  • Perawatan khusus payudara saat hamil sama dengan saat menyusui adalah sama, bisa dipijat laktasi atau hanya dibersihkan seperti biasa. Tetapi apabila ingin produksi lancar, mesti bisa pijat laktasi. Atau paling tidak ibu di-massage di punggung bagian atas oleh suami dan dibuat relax.
  • Pompa ASI yg recommended yaitu tangan ibu, karena penggunaan alat tidak sama dengan mulut bayi, malah kadang dapat membuat payudara trauma, dan itu cocok-cocokan.
  • Tempat penyimpanan ASIP bisa menggunakan botol kaca (bekas uc1tz), ataupun plastik yg bebas PPE.
  • Pijat laktasi tidak masalah dilakukan kapan saja asalkan ibu tidak memiliki pengalaman gampang kontraksi atau ada anjuran dokter spog yg meminta ibu utk minum obat penguat rahim saat ini.
  • Pijat laktasi dilakukan oleh semua wanita sedari payudaranya sudah fixed tumbuhnya. Karena berguna untuk pencegahan kanker payudara juga, dan jangan menyakiti payudara.
  • Pijat laktasi sebenarnya pijat secara keseluruhan tubuh, tetapi karena kita bicara payudara, maka fokus di pijat payudara yang harus dilakukan lebih intens ketimbang pijat di punggung dan bagian tubuh lainnya. Pijat punggung pada ibu hamil tidak boleh bagian bawah.
  • pada malam hari justru produksi terbanyak
  • Apabila masih bekerja dan berencana sampai tembus 2th, kita tetap harus memerah ASI, nanti akan berkurang sendiri produksinya, bukan berkurang jadwalnya, tapi secara otomatis akan berkurang produksinya.
  • Meningkatkan produksi ASInya yaitu dengan cara dikeluarkan sesering mungkin. Produksi akan berlimpah apabila ada isapan bayi, bukan dari sedotan alat perah.
  • Pada saat datang bulan, produksi ASI menurun, produksi ASI dipengaruhi hormon dari otak. Sedangkan pada saat kita datang bulan, tubuh mencari keseimbangan, yang mana mempengaruhi seluruh sistem tubuh kita.

Penutup:

Demikian KulWap Bersama Rumah ASI Bali malam ini..

Terima kasih untuk Bu Rani, I Gusti Ayu Nyoman Rani Dewi Yani, atas ilmu dan waktunya, terima kasih juga untuk Moms and Dads yang sudah mengikuti KulWap kali ini dengan tertib.

Saya Mirah, ijin pamit dulu.

Sampai jumpa di KulWap berikutnya dengan Tema dan Narasumber menarik lainnya..

Semoga bermanfaat..

Rumah ASI Bali,

Semangat MengASIhi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *