Menetek Tidak Efektif

Posted on Posted in Belajar Laktasi, Info Laktasi, Informasi Dasar, Menyusui, Problem Menyusui

Menetek Tidak Efektif

Illustrasi : motherandbaby.co.id

Rumah ASI Bali - Hallo Mom, masih bingung kenapa bayi nenen terus bahkan belum ada satu jam sudah minta nenen lagi tapi kenapa ASI malah seret ya ? kira-kira si buah hati menetek dengan efektif atau tidak ? yuk disimak penjelasannya... 🙂 🙂

Jadi Mom,, makin banyak menetek, maka semakin banyak produksi ASI, tapi dengan syarat bahwa bayi melekat dengan baik, atau menetek secara efektif, dan dibiarkan mengakhiri sendiri kegiatan menetek supaya bayi mengosongkan ASI dari payudara yang dihisap atau diperah dengan  lidahnya.

Melekat dengan baik terjadi bila ibu menetek secara efektif ditandai bayi menetek dengan jarak tertentu (tidak terlalu sering, misal tiap 1 jam atau tiap 1,5 jam). Dibiarkan mengakhiri sendiri kegiatan menetek supaya bayi mengosongkan ASI dari payudara yang dihisap atau diperah dengan lidahnya dapat diartikan bahwa bayi memperoleh asi awal (fore milk) dan memperoleh asi akhir (hindmilk) sehingga hindmilk membuat bayi kenyang dan bayi melepas sendiri payudara ibu karena puas.

MENETEK TIDAK EFEKTIF

Ciri - ciri menetek tidak efektif yaitu menetek terlalu sering misal kurang dari 1 jam sudah minta netek lagi, menetek hanya sebentar sebentar atau terlalu singkat. Pada kondisi ini, walaupun bayi sering menetek namun produksi ASI tidak meningkat. Kondisi ini membuat tidak berlakunya hukum Produksi ASI sesuai permintaan.

Menetek yang tidak efektif menyebabkan  di masa awal menetek, bayi yang sering meminta menetek akan meningkatkan produksi ASI ibu, namun karena pengeluaran ASI sedikit maka payudara sering bendungan dan ibu sering kesakitan akibat bendungan ASI, karena seringnya bendungan, maka payudara beradaptasi untuk mengurangi produksi agar tidak terjadi bendungan lagi, dan akhirnya produksi ASI berkurang.

Menetek yang tidak efektif menyebabkan bayi mengeluarkan sedikit ASI, dan payudara beradaptasi untuk mengeluarkan ASI dalam jumlah sedikit, yang akhirnya menyebabkan produksi ASI turun, berat badan bayi naik sedikit / tetap / turun.  Menetek yang tidak efektif menyebabkan bayi sering minta diteteki atau bayi sering minta menyusu, bayi kadangkala menjadi frustasi karena ASI yang diperoleh tidak cukup dan akhirnya bayi menolak menetek,bayi menjadi rewel yang membuat ibu memberikan tambahan minum selain ASI utk membuat bayi tenang.

Nah Mom, sudah paham kan sekarang ? Jadi kalau si bayi menetek terlalu sering misal kurang dari 1 jam sudah minta netek lagi, menetek hanya sebentar sebentar atau terlalu singkat maka bayi dikategorikan menetek tidak efektif ya mom 🙂

Rumah ASI Bali,

dr. Oka Dharmawan,IBCLC,MARS

Dokter Konsultan Laktasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *