Menyusui Dan Minum Obat

Posted on Posted in Belajar Laktasi, FAQ

Menyusui Dan Minum Obat

Illustrasi : organicvietnam.com.vn

Rumah ASI Bali -ย  Hi Mom pernahkah kalian berfikir mengapa menyusui saat mengonsumsi obat umumnya bukan masalah ? yuk simak penjelasannya ๐Ÿ™‚

Jadi mom setiap obat yang kita minumย  selama proses menyusui tidak semuanya akan dapat diminum oleh bayi, karena sangat sedikit saja obat-obatan yang akan masuk ke dalam ASI. Sangat sedikit sehingga risiko obat obatan tersebut terminum oleh bayi sangat kecil.
Sebagai patokan : hanya 1% saja dari obat-obatan yang sedang dikonsumsi ibu yang akan masuk ke dalam ASI, meskipun demikian tetap ada beberapa obat-obatan yang dapat masuk ke dalam ASI kurang dari itu atau lebih dari itu.
Misalnya : obat antibiotik amoksisilin ( yang umum digunakan)
Dosis rata-rata untuk orang dewasa adalah 500 mg per kali minum dan diminum 3x sehari.
Apabila 1% yang masuk ke ASI maka bayi akan memperoleh 5 mg per kali minum atau 15 mg per hari. Seorang bayi dengan BB 5 kg yang sedang mengonsumsi antibiotik amoksisilin untuk radang telinga tengah membutuhkan 200 mg per hari, sekitar 10x dari yang mungkin bayi peroleh bila amoksisilin masuk ke ASI.
Mengapa hanya sedikit obat obatan masuk ke dalam ASI?
Itu karena Payudara memiliki barrier / penghalang alami, seperti penghalang di otak manusia ya mom, sehingga tidak semua bahan bisa menembus ke asi dengan mudah. Bahan yang mudah menembus adalah bahan yang larut lemak, atau minyak.
Semoga setelah membaca informasi ini ibu - ibu tidak khawatir lagi saat menyusui dan harus minum obat ya moms, ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚
Rumah ASI Bali
dr. Oka Dharmawan, IBCLC, MARS
Konsultan Laktasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *