Pemantauan Bayi Setiap Bulan Oleh Orang Tua

Posted on Posted in BALITA, Belajar Laktasi, FAQ, Informasi Dasar

Pemantauan Bayi Setiap Bulan Oleh Orang Tua

Ilustrasi : puskesmasbener.com

Rumah ASI Bali - Hi Mom tahukah kalian bahwa setiap bulan sebaiknya orang tua melakukan pemantauan terhadap bayi sampai si anak berusia 5 tahun? dan pemantauan dilakukan di tanggal  yang sama, kira kira selisih 2 hari dari tanggal lahirnya. Inilah alasan mengapa pemerintah menggalakkan posyandu, dilakukan teratur setiap bulan di tanggal yang sama atau hari yang sama dan mencerminkan jarak 1 bulan.

Pemantauan yang dilakukan adalah aspek pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan yang dinilai adalah pertambahan jumlah sel, yang terlihat di pertambahan BB, TB, lingkar kepala, lingkar dada, lingkar lengan. Perkembangan yang dinilai secara sederhana ada 4 aspek : motorik kasar, motorik halus, bahasa dan sosial.

 

Pemantauan pertumbuhan meliputi BB dibanding umur, TB dibanding umur, BB dibanding TB. Dan semua ini bisa dilihat dengan KMS Buku KIA (warna pink) dan penentuan status gizi dengan SK Antropometri (download internet)

 

KMS memantau BB dibanding umur, dalam KMS akan tampak beberapa pita berbeda warna, dan umumnya kenaikan BB akan mengikuti pita yang sama. Dalam KMS juga ada standar kenaikan BB minimal setiap bulannya. Jadi tidak perlu bingung dengan target kenaikan BB.

 

Pemantauan BB sebaiknya dilakukan dalam keadaan telanjang dan dengan timbangan yang sama setiap bulannya. Pada beberapa orang tua, yang bayinya dalam masalah kenaikan BB, bisa membeli sendiri timbangan di toko alat kesehatan.

 

Setelah di timbang langsung pasang BB pada titik di grafik dan hubungkan dengan titik bulan lalu. Disebut naik bila berat badan naik sesuai atau melebihi kenaikan BB minimal. Disebut tidak naik bila BB naik  kurang dari kenaikan minimal atau pindah pita ke pita dibawahnya atau tetap atau turun. KMS dapat diminta di puskesmas terdekat.

 

Rumah ASI Bali

dr. Oka Dharmawan,IBCLC,MARS

Konsultan Laktasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *